Kulit kita

Kulit – Permasalahan kulit pada wajah manusia

Kulit merupakan lapisan paling luar yang membungkus seluru tubuh dan melindungi alat – alat tubuh yang ada didalam. Sebagai lapisan pertama, kulit wajah adalah bagian yang paling sensitif diantara jenis kulit lainnya pada tubuh manusia. Kulit wajah sendiri dianggap sebagai ikon penting dalam kecatikan, tentu saja karena kulit wajah adalah bagian yang pertama kali dipandang oleh mata. Memiliki kulit wajah yang sehat menjadi salah satu keinginan banyka orang, terutama wanita.

Permasalahan pada kulit sering terjadi, seperti kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat, kulit sensitif dan permasalahan kulit lainnya. Pada dasarnya struktur kulit wajah setiap orang berbeda, namun pada dasarnya memiliki anatomi yang sama terdiri dari lapisan epidermis, dermis, dan subkutam.

  1. Lapisan Epidermis
    Lapisan epidermis merupakan lapisan paling luar pada kulit yang mempunyai ketebalan yang berbeda-beda, lapisan epidermis tersusun dari bagian-bagian lain, yaitu: melanosit (sel penghasil melamin pada kulit), sel langerhans (sel yang berperan penting dalam proses imunologi kulit), sel merkel (sel yang berperan untuk menjadi mekanoreceptor sensoris bagi kulit), keratinosit bagian yang tersusun atas beberapa lapisan lain yaitu stratum kornum, stratum lucidum, stratum granulosum, stratum spinosum, dan stratum basal.
  2. Lapisa Dermis
    Lapisan dermis merupakan lapisan kedua setelah lapisan epidermis. Lapisan ini mempunyai 2 lapisan kulit yang disebut stratum papilare dan stratum reticular. Lapisan ini mempunyai lapisan turunan yang berasal dari lapisan epidermis yaitu rambut, kelenjar keringat, dan kelenjar sebacea. Lapisan dermis mempunyai ketebalan yang bervariasi bergantung pada tubuh manusia, tetapi lapisan ini memiliki ketebalan maksimal hingga 4mm.
  3. Lapisan Subkusan
    Lapisan ini merupakan struktur kulit terdalam yang mempunyai banyak sel liposit yang berguna dalam memproduksi jaringan lemak yang merupakan pelapis antara tulang dan otot. Lapisan ini merupakan jaringan yang mengandung sel lemak dengan jumlah yang bervariasi. Didalam lapisan ini terdapat pembuluh darah, limva, dan saraf yang merupakan bagian yang merespon stimulus seperti rabaan, rasa nyeri, dan suhu tinggi maupun rendah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *